Monday, September 30, 2013

Cantengan

Kamu pernah jatuh gak?

Kalau kita jatuh di aspal, biasanya nanti lutut kita kebaret, lalu berdarah, lalu jadi luka. Nah luka itu ada yang kecil, ada yang besar. Ada juga yang jadi memar. Ada luka yang cepat kering, tapi ada juga yang basah melulu. Basahnya bukan karena air, tapi karena bernanah. Hati-hati, kalau gak segera diobati bisa infeksi tuh.

Kamu tau cantengan?

Itu loh, penyakit kampungan yang suka nyerang jempol kita kalau potong kukunya kependekan. Mekanismenya, kita potong kuku terlalu pendek, terus kuku yang terlalu pendek itu menekan daging di jari, terus jarinya bengkak, isinya nanah. Biarpun kampungan, cantengan itu menyiksa loh. Dia termasuk jenis luka basah. Lama-lama kering, tapi tiba-tiba bisa keluar nanah lagi. Setau saya, kebanyakan orang ngobatinnya dengan cara mencabut kukunya biar bisa tumbuh yang baru, karena kalau sudah cantengan kadang-kadang kukunya mati.

Tapi ternyata bukan jari aja yang bisa cantengan. Hati juga bisa. Setidaknya begitulah yang menyerang hati seseorang yang saya kenal dekat. Kasihan. Hatinya baik tapi dimanfaatkan orang. Lalu hatinya luka, cantengan lebih tepatnya. Butuh bertahun-tahun sampai luka itu mengering. Butuh bertahun-tahun pula buat dibikin bernanah lagi, karena ia dibohongi. Kelihatannya sih sekarang sudah terinfeksi. Ceritanya berulang lagi, itu-itu terus sampai saya bosan. Sampai meradang kayak tenggorokan.

Semoga kamu cepat sembuh...

1 comment:

 
Green Tea